https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/issue/feed Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2022-05-09T22:36:57-04:00 Mega Andani, Mega@stienas-ypb.ac.id Open Journal Systems <p><span style="font-weight: 400;">Jurnal Dinamika Ekonomi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional Banjarmasin, yang pertama kali terbit bulan Maret 2004 sampai sekarang. Frekuensi penerbitannya dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan bulan September.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Tujuan penerbitan jurnal Dinamika Ekonomi ini adalah untuk mengembangkan kajian ilmiah dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis. Bentuk kajian yang dipublikasikan berupa artikel hasil penelitian empiris.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Mulai terbitan Volume V No.2.September 2012, mengalami beberapa revisi yaitu, Nama Jurnal menjadi Dinamika Ekonomi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Logo Lembaga pada cover jurnal ditiadakan. Jurnal hanya memuat hasil penelitian di bidang ekonomi dan bisnis. Memiliki Mitra Bestari yaitu Prof. Dr. Susmaryati, SE.M.Si. dan beberapa perubahan pada pedoman penulisan yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku seperti pada Pedoman Penulisan di halaman terakhir jurnal ini. Mulai Volume 6 No. 2 September 2013 Mitra bestari bertambah satu orang yaitu Prof. Dr. Dwi Atmono, MPd.,MSi. dan reviewer internal yang diperkuat dengan surat keputusan pengangkatan reviewer Ketua STIE Nasional Banjarmasin. Sehubungan dengan meninggalnya dua orang reviewer internal atas nama Ibu Dra. Hj. Netty Heryati Herman, MM dan Bapak Drs. H.Rustam Effendi, M.Si maka segala kegiatan yang menyangkut dengan beliau dihapuskan. </span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Jurnal ini tentunya masih membutuhkan pengembangan selanjutnya baik dari segi teknis dan isi, oleh karena itu kiriman artikel untuk dimuat, saran dan kritik konstruktif dari para pemerhati jurnal ini sangat kami butuhkan.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Akhirnya, ucapan terimakasih kepada Yayasan Pendidikan Bandarmasih Banjarmasin selaku penyokong dana penerbitan jurnal ini, dan atas perhatian, dukungan serta partisipasi dari bapak/ibu yang telah memberikan sumbangan pemikirannya terhadap kemajuan jurnal Dinamika Ekonomi ini.</span></p> https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/350 KESERIUSAN KECURANGAN AKUNTANSI DAN NIAT MENJADI WHISTLEBLOWER INTERNAL ANALISIS MODERASI EDUKASI 2022-05-09T22:36:57-04:00 Astia Putriana astiaputri@politala.ac.id M. Riduan Abdillah astiaputri@politala.ac.id <p>Kecurangan merupakan bencana besar bagi organisasi. Partisipasi karyawan untuk bersedia untuk mengungkapkan kecurangan merupakan harapan bagi setiap organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keseriusan kecurangan akuntansi terhadap niat menjadi <em>whistleblower</em> internal serta pengaruh moderasi edukasi terhadap niat menjadi <em>whistleblower</em> internal. Objek penelitian ini adalah ASN bagian keuangan Pemerintah Kota Banjarmasin. Teknik penyampelan yang digunakan adalah teknik jenuh yakni menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel penelitian. Terdapat 100 responden yang diperoleh sebagai sampel. Data kuesioner dianalisis menggunakan alat analisis <em>Partial Least Squares</em> (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseriusan kecurangan akuntansi berpengaruh terhadap niat ASN menjadi <em>whistleblower</em> internal. Namun, edukasi tidak mampu memoderasi pengaruh keseriusan kecurangan akuntansi terhadap niat ASN menjadi <em>whistleblower</em> internal. Hasil ini memberikan kontribusi untuk memberikan wawasan baru terkait dengan kebijakan yang mampu mendorong ASN menjadi <em>whistleblower </em>internal.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: keseriusan pelanggaran akuntansi; edukasi; niat melaporkan kecurangan</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/337 SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN DANA WAKAF TUNAI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT YATIM MANDIRI TULUNGAGUNG 2022-04-25T22:16:07-04:00 Eni Widhajati widhajati.2017@gmail.com Marlena Marlena widhajati.2017@gmail.com Nurul Kamaliya widhajati.2017@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa sistem akuntansi merupakan hal penting dalam sebuah pelaporan guna untuk membangun kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap dana yang dikelola oleh lembaga amil zakat. Selain itu informasi dari sebuah sistem akuntansi berperan penting dalam pengendalian intern dan eksteren perusahaan.</p> <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem akuntansi penerimaan dana wakaf tunai dan keefektifan sistem akuntansi yang ada di Lembaga.Amil.Zakat.Yatim.Mandiri.Tulungagung.</p> <p>Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sebagai variabel bebas adalah sistem akuntansi penerimaan, sedangkan yang dianggap sebagai variabel terikat adalah penerimaan dana wakaf. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer yang diolah dengan cara mengumpulkan data, interview, dan dokumetasi kemudian dengan melakukan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan.</p> <p>Hasil analisa menjelaskan sistem akuntansi penerimaan dana wakaf tunai belum efektif memberikan informasi secara individu kepada donatur yang telah berkontribusi dalam progam-program Yatim Mandiri, maka perlu diadakan perbaikan sistem yang bisa memberikan informasi kepada donatur via sms atau <em>email</em>. Adanya double job pada bagian penerimaan yang masih kosong, sehingga perlu ditambah karyawan yang menjalanan sistem penerimaan.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/363 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPPD BANJARMASIN 1 2022-04-25T22:16:07-04:00 Rakhmi Ridhawati rakhmiridhawati51@gmail.com Dewi Lesmanawati rakhmiridhawati51@gmail.com Annisa Pratiwi Lufty rakhmiridhawati51@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk&nbsp; membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di UPPD Banjarmasin 1. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib Pajak kendaraan bermotor di UPPD Banjarmasin 1 dan tergolong wajib pajak efektif tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 154.626 wajib pajak di UPPD Banjarmasin 1. Dengan menggunakan rumus slovin, maka sampel terpilih sebanyak 400 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di UPPD Banjarmasin1</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/364 PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT HARMONI MITRA UTAMA BANJARMASIN 2022-04-25T22:16:07-04:00 Mailiana Mailiana maili.ana01@gmail.com Diana Hayati maili.ana01@gmail.com <p>Abstrak,</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; &nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Harmoni Mitra Utama Banjarmasin karena diduga motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan PT Harmoni Mitra Utama Banjarmasin.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitik kuantitatif, yaitu memberikan bukti secara empiris pengaruh motivasi kerja sebagai variabel independen dengan kinerja karyawan sebagai variabel dependen pada PT Harmoni Mitra Utama. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yaitu 45 responden</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil dari penelitian ini yaitu hasil output spss dari regresi linear sederhana membuktikan bahwa variabel Kebutuhan Fisiologis (X1), Kebutuhan Keselamatan (Rasa Aman) (X2), Kebutuhan Sosial (X3), Kebutuhan Penghargaan (X4) dan Aktualisasi Diri (X5) secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) pada PT Harmoni Mitra Utama.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/365 PENGARUH BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN PRICE SEBAGAI MODERATING VARIABEL PADA PRODUK THE BODY SHOP 2022-04-25T22:16:07-04:00 Dwi Danesty Deccasari marli@stie-mce.ac.id Dian Mawar marli@stie-mce.ac.id Marli Marli marli@stie-mce.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh <em>Brand Image</em> dan <em>Product Knowledge</em> terhadap <em>Purchase Intention</em> dengan <em>Green Price</em> sebagai moderating variabel pada produk <em>The Body Shop</em> baik secara simultan dan parsial pada konsumen <em>The Body Shop</em> di Kota Malang.</p> <p>Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 103 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis regresi linear berganda dan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan <em>Green Price</em> sebagai moderating.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>brand image </em>berpengaruh positif terhadap <em>purchase intention</em> (H1), <em>product knowledge</em> berpengaruh positif terhadap <em>purchase intention</em> (H2), <em>green price</em> berpengaruh positif terhadap <em>purchase intention</em> (H3), <em>brand image</em> berpengaruh positif terhadap <em>green price</em> sebagai moderating variabel (H4), <em>Product Knowledge</em> berpengaruh positif terhadap <em>green price</em> sebagai moderating variabel (H5). Hasil pengujian interaksi setelah menggunakan <em>Moderating Regression</em> <em>Analysis</em> (MRA) menunjukkan bahwa <em>green price</em> sebagai moderating variabel memiliki pengaruh signifikan dan memperkuat pengaruh positif pada variabel independen dengan variabel dependen. Dikarenakan <em>green price</em> sangat mempengaruhi tingkat <em>purchase intention</em> konsumen pada produk The body shop yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang juga aman bagi kecantikan dan kesehatan yang diharapkan oleh konsumen.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/366 KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT TOGU PANCING BANJARMASIN 2022-04-25T22:16:08-04:00 Rika Sylvia rikasylvias@gmail.com Masrifani Masrifani rikasylvias@gmail.com Rahayu Septiani rikasylvias@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui&nbsp; kualitas pelayanan yang selama ini diberikan oleh PT Togu Pancing dan mengetahui kualitas pelayanan yang tepat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan PT Togu Pancing.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif&nbsp; kualitatif, dimana populasi yang ada pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT Togu Pancing selama bulan Januari sampai dengan Juni 2021 sebanyak 300 pelanggan, sedangkan sampelnya adalah&nbsp; 30 pelanggan.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil dari penelitian ini adalah dengan melaksanakan lima variabel tersebut, khususnya untuk variabel <em>Tangibles</em> agar perusahaan dapat memenuhi standar dari fasilitas yang disediakan misalnya dengan menambah atau mengganti fasilitas yang lama dengan yang baru sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada variabel <em>Reliability, Responsiveness, Assurance</em> dan<em> Emphaty</em> agar perusahaan dapat meningkatkan&nbsp; kualitas pelayanannya, sehingga akan menimbulkan kepuasan terhadap pelanggan.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/367 ANALISIS PEMBERIAN KREDIT MOTOR PADA PT BFI FINANCE INDONESIA Tbk CABANG BANJARMASIN 2022-04-25T22:16:08-04:00 Rory Handriano roryhandriano01@gmail.com Penta Lestarini Budiati roryhandriano01@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis sistem Pemberian Kredit Motor pada PT BFI Finance Indonesia Tbk cabang Banjarmasin..</p> <p>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskritif, dimana penelitian ini bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis mengenai pemberian kredit di PT BFI Finance Indonesia Tbk cabang Banjarmasin. Dimana instrumen atau alat ukur dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner yang berisi butiran-butiran pertanyaan untuk diberi tanggapan oleh para responden penelitian.</p> <p>Hasil penelitian menemukan bahwa PT BFI Finance Indonesia Tbk Cabang Banjarmasin dalam menjalankan pemberian kredit motor masih lemah, belum ada pembagian fungsi dan tanggungjawab masing-masing karyawan di prosedur, survey, menganalisis dan penagihan dilakukan oleh marketing, sehingga selalu terjadi kredit macet pada saat kredit berjalan. Salah upaya yang dapat dilakukan pihak PT BFI Finance Indonesia Tbk Cabang Banjarmasin agar pemberian kredit motor dapat berjalan sesuai dengan harapan sebaiknya yang dilakukan oleh perusahaan harus sesuai dengan teori perihal pemisahan fungsi antara karyawan di bagian prosedur.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/353 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI JAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 2022-04-25T22:16:08-04:00 Sotya Fevriera sotya.fevriera@uksw.edu Efita Pataniho efita3698@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh kuantitas produksi, jumlah modal, sumber modal dan jumlah tenaga kerja terhadap pendapatan petani jagung di Desa Pediwang, Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19, dengan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi non linier berganda yang diestimasi dengan metode <em>ordinary least square </em>(<em>OLS</em>) dan <em>robust standard error</em>. Studi ini menemukan kuantitas produksi jagung tipe 3 (pipilan) berpengaruh signifikan positif terhadap pendapatan petani jagung dan jumlah modal berpengaruh signifikan negatif terhadap pendapatan petani jagung. Sedangkan kuantitas jagung tipe 1 (buah), kuantitas jagung tipe 2 (gandengan), bantuan modal dari pemerintah, bantuan modal dari pihak lain selain pemerintah dan jumlah tenaga kerja, pengaruhnya tidak terbukti signifikan.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/369 ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PDAM BANDARMASIH KOTA BANJARMASIN SEBELUM DAN SELAMA COVID-19 2022-04-25T22:16:08-04:00 Netty Nurhayati nurhayati.netty@gmail.com Mega Andani megaandani78@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin sebelum dan selama masa pandemi Covid-19.</p> <p>Populasi pada penelitian ini adalah Laporan Keuangan PDAM Bandarmasih. Sampel pada penelitian ini adalah Neraca dan Laporan Laba Rugi April 2019 sampai dengan Desember 2019 untuk periode sebelum covid-19 dan April 2020 sampai dengan Desember 2020 untuk periode selama covid-19. Pengujian hipotesis menggunakan uji parametrik 'Paired sample t-test' dan uji non parametrik 'Wilcoxon Sign Test'.</p> <p>Hasil penelitian ini, menyatakan bahwa kinerja keuangan PDAM Bandarmasih yang diukur dengan Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Rentabilitas&nbsp; selama Covid-19 berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan sebelum Covid-19.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/368 ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA CV BORNEO JAYA MAJU DI KABUPATEN BARITO KUALA 2022-04-25T22:16:08-04:00 Sri Mulyani srimulyaniirsyadputri@gmail.com A. Ghazali srimulyaniirsyadputri@gmail.com <p>Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kekurangan pada pelayanan yang diberikan agar meningkatkan kepuasan pelanggan di travel CV Borneo Jaya Maju di Kabupaten Barito.</p> <p>Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada bulan Mei tahun 2021. Sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 50 pelanggan dengan teknik sampeling menggunakan rumus Arikunto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan untuk pelanggan masih ada kekurangan, dimana pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan dalam memperhatikan lima dimensi adalah Bukti Fisik <em>(tangible)</em> yaitu kurang lengkapnya brosur iklan paket wisata dan tidak adanya promo-promo iklan di website untuk mempermudah pelanggan untuk melihat informasi terbaru. Daya Tanggap <em>(responsiveness)</em> pegawai dalam memberikan solusi pemahaman tentang paket wisata kepada pelanggan masih kurang dapat dipahami sepenuhnya oleh pelanggan dan Jaminan<em> (assurance) </em>juga masih terdapat kekurangan sehingga masih ada beberapa pelanggan yang kurang puas akan hal ini.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/361 DAMPAK PANDEMI COVID-19 DAN KEBIJAKAN PPKM TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI WILAYAH BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN 2022-04-25T22:16:08-04:00 Periyadi Periyadi periyadi582@ymail.com Lamsah Lamsah periyadi401@gmail.com Muhammad Haris Syafitri periyadi401@gmail.com <p>Mewabahnya virus corona mengharuskan masyarakat melakukan kegiatan di rumah saja untuk memutuskan rantai penyebaran virus sesuai dengan kebijakan pemerintah. Kebijakan tersebut pada akhirnya membuat banyak kegiatan yang memerlukan interaksi secara langsung harus dihindari dan membatasi kegiatan masyarakat untuk tidak keluar rumah. Diantara yang paling terpukul adalah Usaha Kecil dan Menengah yang merupakan pengerak roda ekonomi. Banyak usaha kecil menengah yang menutup usaha sementara waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Dampak pengaruh Covid-19 dan Kebijakan PPKM terhadap tingkat pendapatan pelaku usaha UKM di wilayah Kota Banjarbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu suatu model penelitian yang mengharuskan akan adanya perhitungan angka-angka, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel dalam penelitian berpengaruh secara siginifikan.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/370 PENGARUH KEPERCAYAAN, KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET GO-PAY PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA 2022-04-25T22:16:09-04:00 Ruslinda Agustina ruslindaagustina2@gmail.com Rara Gustiana ruslindaagustina2@gmail.com Muhammad Rizky Budiman ruslindaagustina2@gmail.com <p>Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan secara empiris Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Sistem Pembayaran <em>E-Wallet Go-Pay</em> Pada Masyarakat Di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Metode yang digunakan adalah metode survey dengan jumlah sampel sebayak 88 masyarakat yang dijadikan responden. Alat uji yang digunakan dengan bantuan <em>program SPSS for windows release 20.0.</em></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan <em>e-wallet Go-Pay</em> dengan nilai signifikan 0,038. Variabel kegunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet Go-Pay dengan nilai signifikan 0,038. Variabel kemudahan berpengaruh terhadap minat menggunakan <em>e-wallet Go-Pay</em> dengan nilai signifikan 0,029.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/371 PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KOMITE AUDIT TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN 2022-04-25T22:16:09-04:00 Indra Saputra indra.dsnstienas@yahoo.com Muhammad Halim indra.dsnstienas@yahoo.com <p>Penelitian ini akan menguji secara ilmiah pengaruh kepemilikan manajerial dan komite audit terhadap opini audit <em>going concern</em> pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017 – 2019.</p> <p>Sampel diambil dengan metode <em>purposive sampling</em> dan memenuhi kriteria pemilihan sampel. Metode analisis data menggunakan metode regresi logistik.</p> <p>Hasil dari penelitian bahwa variabel Kepemilikan Manajerial berpengaruh terhadap Opini Audit <em>Going Concern</em>, sedangkan komite audit tidak berpengaruh terhadap opini audit <em>going concern</em>. Hasil penelitian secara simultan Kepemilikan Manajerial dan komite audit berpengaruh terhadap opini audit <em>going concern.</em> Hasil uji <em>R square</em> Kepemilikan Manajerial dan komite audit berpengaruh terhadap Opini Audit <em>Going Concern</em> sebesar 47,8 % dan sisanya sebesar 52,2% dipengaruhi variabel atau faktor lain.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/372 PENGARUH E-PROMOTION STRATEGIC TERHADAP PEMBELIAN 2022-05-09T22:36:57-04:00 Ni Nyoman Suarniki nyomansuarniki59@gmail.com Rizki Amalia Afriana nyomansuarniki59@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>e- promotion (context, communication, collaboration, connection)</em> terhadap pembelian. Studi kasus pada Toko Ero Optik Banjarmasin.</p> <p>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari semua followers instagram @erooptikbjm. Sampel penelitian ditentukan 100 sebanyak 50 responden dengan metode insidental sampling. Teknik analisa data regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.0.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan, secara parsial variabel <em>context</em> (X1), <em>communication</em> (X2), <em>collaboration</em> (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap&nbsp; pembelian konsumen. Namun&nbsp; variabel <em>connection</em> (X4) pengaruhnya tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan variabel<em> context</em> (X1),<em> communication </em>(X2), <em>collaboration</em> (X4) dan <em>connection</em> (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Variabel <em>communication</em> (X2) memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat beli konsumen. Artinya, kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan oleh pemasar maupun pembeli untuk bertransaksi dengan lebih mudah, cepat, murah dan praktis melalui media social. Variable <em>connection</em> tidak signifikan pengaruhnya karena dalam transaksi barang coneksi tidak diperlukan, yang terpenting adalah komunikasi seperti pada hasil <em>statistic koefisien beta</em> variable <em>communication</em> yang paling dominan atau paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk. Diskusi, kommunikasi yang baik melalui intensitas dan media yang tepat sasaran, bisa ditingkatkan menjadi relasi yang baik antara pembeli dan pemasar, dengan demikian, ditunjang oleh spesifikasi produk yang sesuai maka koneksi/relasi bisa jadi memiliki kontribusi besar terhadap pembelian.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/358 Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Nasabah Bank Sumut Syariah 2022-04-25T22:16:09-04:00 Azlia Fahira azlia.fahira@gmail.com Tri Inda Fadhila Rahma azlia.fahira@gmail.com Rahmi Syahriza azlia.fahira@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>E-Service Quality </em>terhadap <em>E-Satisfaction</em> nasabah Bank Sumut Syariah. Dimana pada Bank Sumut Syariah terjadi ketidakpuasan nasabah terhadap layanan elektronik yang diberikan oleh bank, seperti sulitnya nasabah untuk melakukan transaksi akibat server Bank Sumut yang kurang lancar. <em>E-satisfaction</em> adalah kepuasan pelanggan sehubungan dengan pengalaman pembelian sebelumnya dengan perusahaan <em>e-commerce</em> yang diberikan. <em>E-satisfaction</em> sebagai sebuah kondisi psikologis dimana hasil yang muncul ketika konsumen membuka <em>M-Banking </em>dapat sesuai dengan harapannya. <em>E-Satisfaction</em> dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu <em>E-Service Quality</em>. <em>E-Service Quality </em>merupakan pelayanan yang diberikan pada jaringan internet sebagai perluasan dari kemampuan suatu situs untuk memfasilitasi kegiatan belanja, pembelian, dan distribusi secara efektif dan efisien. Di dalam <em>E-Service Quality</em> terdapat 4 Dimensi yang diperlukan untuk mengukur kepuasan nasabah, yaitu <em>Efficiency, Fullfilment, System Availability, </em>dan <em>Privacy. </em>Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara dua variabel atau lebih. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi penelitian meliputi nasabah pengguna <em>M-Banking</em> Bank Sumut Syariah dan penentuan sampel menggunakan metode ketetapan akurasi slovin sehingga jumlah sampel penelitian adalah 96 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji-F secara simultan dan uji-t secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-4 dimensi dari <em>E-Service Quality</em> yaitu <em>Efficiency, Fullfilment, System Availability, </em>dan <em>Privacy</em> secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap <em>E-Satisfaction</em> nasabah Bank Sumut Syariah. Besarnya pengaruh parsial ke-4 dimensi dari <em>E-Service Quality </em>terhadap <em>E-Satisfaction</em> nasabah adalah sebesar 62,3%.</p> 2022-03-31T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement##