PENGARUH BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN PRICE SEBAGAI MODERATING VARIABEL PADA PRODUK THE BODY SHOP

  • Dwi Danesty Deccasari STIE Malangkucecwara Malang
  • Dian Mawar STIE Malangkucecwara Malang
  • Marli Marli STIE Malangkucecwara Malang
Kata Kunci: Brand Image, Product Knowledge, Purchase Intention, dan Green Price

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai moderating variabel pada produk The Body Shop baik secara simultan dan parsial pada konsumen The Body Shop di Kota Malang.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 103 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis regresi linear berganda dan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan Green Price sebagai moderating.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif terhadap purchase intention (H1), product knowledge berpengaruh positif terhadap purchase intention (H2), green price berpengaruh positif terhadap purchase intention (H3), brand image berpengaruh positif terhadap green price sebagai moderating variabel (H4), Product Knowledge berpengaruh positif terhadap green price sebagai moderating variabel (H5). Hasil pengujian interaksi setelah menggunakan Moderating Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa green price sebagai moderating variabel memiliki pengaruh signifikan dan memperkuat pengaruh positif pada variabel independen dengan variabel dependen. Dikarenakan green price sangat mempengaruhi tingkat purchase intention konsumen pada produk The body shop yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang juga aman bagi kecantikan dan kesehatan yang diharapkan oleh konsumen.

Referensi

Angeline, M. E. (2015). Hubungan Green Marketing terhadap Pilihan Konsumen. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Armahadyani. (2013). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 78-98.

Astini, R. (2016). Implikasi Green Brand Image, Green Satisfaction, dan Green Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, 19-34.

Beauty, P. (2018, Oktober 29). The Body Shop. Retrieved from perfectbeauty.id: https://perfectbeauty.id/306_the-body-shop

Christy Wenur, S. M. (2015). Pengaruh Strategi Green Marketing, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Konsumen Pengguna The Body Shop Mando Town Square. Jurnal Emba, 283-293.

Fandy Tjiptono, G. C. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

-------------- P. &. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Fatur Rahman, P. S. (2017). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tupperware di Samarinda. Forum Ekonomi, 130.

Gambaran umum perusahaan The body shop. (2019, Januari 30). Retrieved from elib.unikom.ac.id: https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/595/jbptunikompp-gdl-tiasuwanta-29713-11-unikom_t-4.pdf

Iwan, C. Y. (2013). Pengaruh Sikap terhadap Green Advertising pada Brand Image The Body Shop Antara Konsumen Domestik dan Asing. Jurnal Jibeka, 10.

Kusumawati, D. P. (2009, November 12). Pengaruh cause Metodologi. Retrieved from lib.ui.ac.id: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123958-SK%20010%2009%20Kus%20p%20-%20Pengaruh%20cause-Metodelogi.pdf

Luh Made Pradnyani Rahayu, Y. A. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11.

Resmawa, I. N. (2017, April). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating variabel pada produk The Body Shop diSurabaya. Aplikasi Manajemen, Ekonomi, dan Bisnis, 11.

Riadi, M. (2018, Oktober 26). pengertian tujuan komponen green marketing. Retrieved from kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2017/08/pengertian-tujuan-komponen-green-marketing.html

Romario Nimrod Manuarang, &. M. (2018). Pengaruh Product Knowledge Terhadap Purchase Intention. Jurnal Administrasi (JAB), 41-47.

Style, M. (2014, Oktober 29). Community marketing ala the body shop. Retrieved from nururbintari.wordpress.com: https://nururbintari.wordpress.com/2014/06/03/community-marketing-ala-the-body-shop/

Teknik sampling dalam penelitian. (2017, November 11). Retrieved from statistikian.com: https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html/amp

The Body Shop Internasional Limited. (2018, Oktober 29). Retrieved from thebodyshop.co.id: https://www.thebodyshop.co.id/EnrichOurPlanet/

Trends, s. (2018, Oktober 29). The Body Shop lanjutkan kampanye against animal testing. Retrieved from swa.co.id: https://swa.co.id/swa/trends/management/the-body-shop-lanjutkan-kampanye-against-animal-testing

Uji heterokedastisitas glejser spss. (2019, Januari 30). Retrieved from spssindonesia.com: www.spssindonesia.com/2014/02/uji-heteroskedastisitas-glejser-spss.html

Uji Multikolonieritas dengan melihat nilai tolerance dan VIF SPSS. (2019, Januari 29). Retrieved from spssindonesia.com: https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-multikolonieritas-dengan-melihat.html
Diterbitkan
2022-03-31