KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT TOGU PANCING BANJARMASIN

  • Rika Sylvia STIE NASIONAL BANJARMASIN
  • Masrifani Masrifani STIE NASIONAL BANJARMASIN
  • Rahayu Septiani STIE NASIONAL BANJARMASIN
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  kualitas pelayanan yang selama ini diberikan oleh PT Togu Pancing dan mengetahui kualitas pelayanan yang tepat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan PT Togu Pancing.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif, dimana populasi yang ada pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT Togu Pancing selama bulan Januari sampai dengan Juni 2021 sebanyak 300 pelanggan, sedangkan sampelnya adalah  30 pelanggan.

            Hasil dari penelitian ini adalah dengan melaksanakan lima variabel tersebut, khususnya untuk variabel Tangibles agar perusahaan dapat memenuhi standar dari fasilitas yang disediakan misalnya dengan menambah atau mengganti fasilitas yang lama dengan yang baru sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada variabel Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty agar perusahaan dapat meningkatkan  kualitas pelayanannya, sehingga akan menimbulkan kepuasan terhadap pelanggan.

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2004. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Zeithaml, Valerie A. & Mary Jo Bitner. 2000. Service Marketing; Integrating Customer Accross The Firm. McGraw Hill Inc. USA.
Diterbitkan
2022-03-31