ANALISIS PEMBERIAN KREDIT MOTOR PADA PT BFI FINANCE INDONESIA Tbk CABANG BANJARMASIN

  • Rory Handriano STIE NASIONAL BANJARMASIN
  • Penta Lestarini Budiati STIE NASIONAL BANJARMASIN
Kata Kunci: Purpose, Character, Capacity, Condition, Capital, dan Collateral

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis sistem Pemberian Kredit Motor pada PT BFI Finance Indonesia Tbk cabang Banjarmasin..

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskritif, dimana penelitian ini bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis mengenai pemberian kredit di PT BFI Finance Indonesia Tbk cabang Banjarmasin. Dimana instrumen atau alat ukur dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner yang berisi butiran-butiran pertanyaan untuk diberi tanggapan oleh para responden penelitian.

Hasil penelitian menemukan bahwa PT BFI Finance Indonesia Tbk Cabang Banjarmasin dalam menjalankan pemberian kredit motor masih lemah, belum ada pembagian fungsi dan tanggungjawab masing-masing karyawan di prosedur, survey, menganalisis dan penagihan dilakukan oleh marketing, sehingga selalu terjadi kredit macet pada saat kredit berjalan. Salah upaya yang dapat dilakukan pihak PT BFI Finance Indonesia Tbk Cabang Banjarmasin agar pemberian kredit motor dapat berjalan sesuai dengan harapan sebaiknya yang dilakukan oleh perusahaan harus sesuai dengan teori perihal pemisahan fungsi antara karyawan di bagian prosedur.

Referensi

Mulyadi, 2001. Sistem Akuntansi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Firdaus, Rachmat dan Maya, Ariyanti. 2009. Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung: Alfabeta.

Hermansyah,SH.M.Hum. 2005, Hukum Perbankan Nasional Indonesia. Jakarta: Kencana

Komaruddin, Sastradipoera. 2008. Pengantar Manajemen Perbankan. Jakarta: PT.Gramedia
Diterbitkan
2022-03-31