PENGARUH KEPERCAYAAN, KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET GO-PAY PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA

  • Ruslinda Agustina STIE NASIONAL BANJARMASIN
  • Rara Gustiana STIE NASIONAL BANJARMASIN
  • Muhammad Rizky Budiman STIE NASIONAL BANJARMASIN
Kata Kunci: Kepercayaan, Kegunaaan, Kemudahan dan Minat Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet Go-Pay

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan secara empiris Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet Go-Pay Pada Masyarakat Di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

            Metode yang digunakan adalah metode survey dengan jumlah sampel sebayak 88 masyarakat yang dijadikan responden. Alat uji yang digunakan dengan bantuan program SPSS for windows release 20.0.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet Go-Pay dengan nilai signifikan 0,038. Variabel kegunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet Go-Pay dengan nilai signifikan 0,038. Variabel kemudahan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet Go-Pay dengan nilai signifikan 0,029.

Referensi

Adiyanti (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan e-money Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

Bank Sentral Republik Indonesia (2016). Peraturan BI No 4/10/40/PBI/2016 Bab I Pasal 1 poin 7.

David (1989). The Relative Importance or Perceived Ease of Use in IS adoption: A Study of E-Commerce Adoption. ABI/INFORM global.

Dewi dan Warmika. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunan, Persepsi Manfaat dan Perspsi Resiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar.

Ermawati dan Delima. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem e-filing

Gefen, D. (2000). Customer Loyalty in E-Com-merce, Jurnal of the Association for Information Systems.

Gojek, https://www.gojek.com/help/gopay/apa-itu-go-pay/

Jumaili. (2005). Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru Dalam Evaluasi Kinerja Individual.

Kotler, Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Mayer,R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D. (1995). An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review.

Pamungkas. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Money t-cash Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Ssurakarta.

Parastiti, Mukhlis, dan Haryono. (2015). Analisis Penggunaan Uang Elektronik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Romadliyah. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunaan e-money Pada Bank BRI Lamongan

Sardiman, A.M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wibowo. S.F., Rosmauli. D., dan Suhud. U. (2015). Pengaruh Presepsi Mnfaat, Presepsi Kemudahaan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-MONEY Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol. 6, No. 1, 2015.
Diterbitkan
2022-03-31