PENGARUH E-PROMOTION STRATEGIC TERHADAP PEMBELIAN

  • Ni Nyoman Suarniki STIE NASIONAL BANJARMASIN
  • Rizki Amalia Afriana STIE NASIONAL BANJARMASIN
Kata Kunci: Pembelian, E-Promotion, Communication, Connection

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e- promotion (context, communication, collaboration, connection) terhadap pembelian. Studi kasus pada Toko Ero Optik Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari semua followers instagram @erooptikbjm. Sampel penelitian ditentukan 100 sebanyak 50 responden dengan metode insidental sampling. Teknik analisa data regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan, secara parsial variabel context (X1), communication (X2), collaboration (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap  pembelian konsumen. Namun  variabel connection (X4) pengaruhnya tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan variabel context (X1), communication (X2), collaboration (X4) dan connection (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Variabel communication (X2) memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat beli konsumen. Artinya, kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan oleh pemasar maupun pembeli untuk bertransaksi dengan lebih mudah, cepat, murah dan praktis melalui media social. Variable connection tidak signifikan pengaruhnya karena dalam transaksi barang coneksi tidak diperlukan, yang terpenting adalah komunikasi seperti pada hasil statistic koefisien beta variable communication yang paling dominan atau paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk. Diskusi, kommunikasi yang baik melalui intensitas dan media yang tepat sasaran, bisa ditingkatkan menjadi relasi yang baik antara pembeli dan pemasar, dengan demikian, ditunjang oleh spesifikasi produk yang sesuai maka koneksi/relasi bisa jadi memiliki kontribusi besar terhadap pembelian.

 

Referensi

AG. Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012 Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ayinda Fajriani. (2016). Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Steak Ranjang Bandung (Studi Kasus Pada Pengguna Instagram Di Bandung Tahun 2016). (Universitas Telkom. 2016). http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/114

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembilan. Bandung: Alfabeth.

Buchory, Herry Achmad & Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro

Giri Maulana Arief. (2015). Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Kosnsumen Sugar Tribe. (Universitas Telkom. 2015). http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/114/pdf

Kotler Philip and Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi: Kedua belas. Jilid: Pertama. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi: Ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi: Kedua belas. Jilid: Pertama. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Mandar Maju. Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi: Ketujuh. Jakarta: Indeks.

Nafisah. 2018. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Pakaian Wanita

Aris Grosir di Kabupaten Bantul). Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi: Ketujuh. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Diterbitkan
2022-03-31