PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA EKONOMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA)

Main Article Content

Dwi Danesty Deccasari Suci Syifaun Janan Marli Marli

Abstract

Financial management is an effort made by an individual in designing activities related to the storage and control of funds and assets. This research was conducted with the aim of examining and analyzing the effect of financial literacy, lifestyle, social environment and self-control on student financial management.


The method in this study was multistage sampling which produced primary data using a questionnaire, the respondents were 70 students. The collected data will be tested through validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and multiple linear regression analysis.


The results of this study indicate that financial literacy, lifestyle, self-control have a significant effect on student financial management, the social environment has no significant effect on student financial management.


 

Article Details

How to Cite
Deccasari, D., Janan, S., & Marli, M. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA EKONOMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA). Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 343-360. https://doi.org/https://doi.org/10.53651/jdeb.v16i2.449
Section
Articles

References

Amelia, M., Maulana (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Gaya Hidup Dan Perilaku Konsumtif Santri/Santriwati Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

AW Leksono, R Vharely (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Kampus terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa.

Azizah, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 92-101.

Chairani (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Chaplin, J.P. 2002. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalyono, (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, N., Sunarto, S., & Rusdati. (2017). “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa”. Jurnal of Economic Education (JEE), 6(1), 29-35.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

H.Naibaho et al., Pengaruh Lingkungan Kampus terhadap motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Universitas Pelita Haraan Surabaya).

Kusnandar, Deasy, Lestary., dan Kurniawan, D. (2018). Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga Dalam Membentuk Perilaku Keuangan Keluarga di Kota Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper (SCA 8), 8 (1).

Nababan, D., & Sadalia, 1. (2012). Analisis personal financial literacy dan financial behaviour mahasiswa strata 1 fakultas ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Nugroho J. Setiadi. (2008). Perilaku Konsumwn: Konep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Nuraeni R. (2021). Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Locus Of Control, Dan Parental Income Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa

R Vharely, AW Leksono, et al,. Pengaruh Literasi Keuangan, Usia, Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Pengelolaan Uang Saku Mahasiswa Unindra

Sobaya et al,.2016. Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial terhadap Perencanaan Keuangan Pegawai di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Wahyuni, Sri & Serli Oktaviani (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Teknologi Sumbawa.