PENGARUH ENDORSEMENT DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Mursyidah Mursyidah Rusdiana Rusdiana Lola Malihah

Abstract

This study aims to determine effect of endorsement and brand awareness on student purchasing decisions during the COVID-19 pandemic.


Field research with a quantitative approach. Population this study were students of the Faculty of Islamic Economics and Business, using purposive sampling. Sample results used as many as 75 samples.


Based results is no partial endorsement effect (X1) on purchasing decisions (Y). Meanwhile, results of (partial) T test showed Sig. = 0.002 < α = 0.10 and T count = 3.206 > T table = 1.666. It is concluded is a partial influence of brand awareness (X2) on purchasing decisions (Y). Based on results the endorsement variable (X1) and brand awareness (X2) simultaneously influence purchase decision (Y).. Endorsement variable (X1) and brand awareness variable (X2) can explain variation of dependent variable of 33.9%. While the remaining 66.1% is influenced by other variables outside of this study.

Article Details

How to Cite
Mursyidah, M., Rusdiana, R., & Malihah, L. (2023). PENGARUH ENDORSEMENT DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 379-392. https://doi.org/https://doi.org/10.53651/jdeb.v16i2.451
Section
Articles

References

Adityasari, N. (2015). Endorsement Sebagai Trend Media Pemasaran Dalam Perspektif Islam. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Airlangga, Surabaya.

Arianto, B. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian dunia. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(2), 106-126.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran. (Jakarta: Rajawali Pers.)

Bin, M., Arifin, S., Islam, U., & Sunan, N. (2018). Endorsement Dalam Perspektif Islam. 42.

Fenomena Endorsement pada Instagram. (n.d.).

Hidayati, Y., Anwar, M. K., & Malihah, L. (2023). Pengaruh pasar digital terhadap omset penjualan pakaian di Pasar Batuah Martapura. Dinamika Ekonomi : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1).

Malihah, L., & Meilania, G. T. (2023). Analisis Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Minat Beli Produk Oreo. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 12(1), 220–232. https://doi.org/10.33366/jisip.v12i22612

Soesatyo, N., & Rumambi, L. J. (2013). Analisa Credibility Celebrity Endorser Model: Sikap Audience Terhadap Iklan dan Merek serta Pengaruhnya Pada Minat Beli “Top Coffee.” Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–12.

Wasil, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Percieved Quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137. https://doi.org/10.29264/jfor.v19i2.2120

Daud, I., & Fitrianto, M. E. (2015). Peran celebrity endorser dalam membentuk perceive value dan purchasing intention. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 359-376.

Ervina. (2018). Efektivitas Celebrity Endorsement Sebagai Media Iklan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh

Maulidar, M., & Irma, A. (2017). Peran Celebgram Endorser Dalam Proses Pengambilan Keputusan Membeli Pakaian Wanita Di Instagram Pada Mahasiswi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(1), 30-40.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54-70.

Hasbi, H. S., & Apriliani, R. A. E. P. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, Kulitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 2(2), 365-371.

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Kristiani, N. (2017). Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Jenis Media Sosial Terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 24(2).

Malihah, L. (2022). Analisis Kualitas Produk Scooter Matic Ditinjau Dari Sisi Konsumen Muslimah. J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 87-106.

Margono, S. (2009) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Rohmanuddin, R., & Suprayogo, H. A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Bisnis Ritel Pakaian “Sting” Cabang Kedoya Green Garden). Jurnal Bina Manajemen, 10(2), 78-89.

Sauqi, Muhammad.(2019) Fiqih Muamalah dalam jual beli. Martapura.

Seno, D., & Lukas, B. A. (2007). The equity effect of product endorsement by celebrities: A conceptual framework from a co‐branding perspective. European journal of marketing.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Situmorang, J. R. (2008). Mengapa Harus Iklan?. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2).

Soesatyo, N., & Rumambi, L. J. (2013). Analisa Credibility Celebrity Endorser Model: Sikap Audience Terhadap Iklan dan Merek serta Pengaruhnya Pada Minat Beli “Top Coffee.” Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–12.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen, (Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI)).
Rukin, S. P. (2019) Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardana, S. K. (2016). Fenomena Endorsement Dalam Iklan Di Media Sosial Instagram. Doctoral Dissertation, (Fenomena Endorsement Pada Instagram, n.d.)

Wasil, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Percieved Quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137.