Dampak Penutupan TikTok Shop Terhadap Omzet UMKM Offline

Main Article Content

Pramita Sukma Wardani Yufenti Oktafiah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat dampak dari penutupan TikTok Shop terhadap omzet UMKM offline. Berawal dari ketidaksetaraan dalam persaingan bisnis yang mengakibatkan UMKM sering kali kalah dalam mempertahankan pangsa pasar mereka. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM yang berjualan offline. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa UMKM offline, mereka berpendapat bahwasanya ketegasan pemerintah terhadap aplikasi social commerce sudah tepat dilakukan. Dengan adanya penutupan yang dilakukan pemerintah memberikan dampak yang cukup positif terhadap usaha mikro kecil, dan menengah yang berjualan offline, khususnya terkait dengan perang harga. Dampak lainya adalah beberapa konsumen sudah mulai berdatangan untuk membeli produk yang ada di toko mereka. Pelaku UMKM offline juga menegaskan banyak pembelajaran yang didapat dari TikTok Shop. Walaupun pelaku UMKM offline tidak berjualan secara online tetapi mereka memaksimalkan dalam kepuasan pelanggan.

Article Details

How to Cite
Wardani, P., & Oktafiah, Y. (2024). Dampak Penutupan TikTok Shop Terhadap Omzet UMKM Offline. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 155-166. https://doi.org/https://doi.org/10.53651/jdeb.v17i1.470
Section
Articles

References

Abdullah, Ma’ruf (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. [E-Book]. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Dharmmesta, Basu Swastha Dan Handoko, Hani (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Fitriana. (2015). Pengaruh Motif Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Di Parepare. Universitas Fajar Makassar, Makasar, Indonesia

Jesslyn, J., & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk. Prologia, 5(1), 135–141. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8178

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan terhadap Niat beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada aplikasi tiktok shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.754

RAMYA, R., & BAI, D. R. B. K. (2022) A Study on consumer preference for hamam soap in mannargudi town.

Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Pengaruh word of mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian konsumen (Studi Pada livestream tiktok shop). Amsir Management Journal, 3(2), 100–114. https://doi.org/10.56341/amj.v3i2.204

Rosdina, A., & Nurnazmi. (2021). Dampak Aplikasi Tik Tok dalam Proses Sosial Di Kalangan Remaja Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima. EduSociata: Jurnal Penidikan Sosiologi, 4(1), 100–109. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/es.v4i1.490

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap FITUR tiktok shop pada aplikasi TIKTOK. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131–140.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suhartanto, Wibowo, Arief; Wahyudi, Widi; Utari, Dyah Retno. (2021). Media Sosial Sebagai Solusi Pemasaran Umkm Yang Adaptif Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 04(06), 558-566. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8148