PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DI BANJARMASIN UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (Studi Kasus: PTS Dan PTN)
Main Article Content
Abstract
Abstract,
This research aims to determine the effect of economic motivation, career motivation, qualitymotivation and degree motivation to the interest of accounting students in Banjarmasin to follow PPAk.
The method used in this research is a random sampling quota sampling. The unit of analysis is intended to be the respondent is a student majoring in accounting at STIENAS, STIE Indonesia, STIE Pancasetia, FEB UNLAM and the class of 2011 and 2012, with a total population of 565 students who meet the criteria and sample as many as 300 students. Hypothesis testing is done with the help of statistical software SPSS version 16.
The results of this research indicate that economic motivation, quality motivation and degree motivation affect the interest of accounting students to follow PPAk.Contrary,career motivation does not affect the interest of accounting students to follow PPAk, because students argue to get a better career not only by following PPAk but also in other ways without having to follow PPAk. While simultaneously all the hypotheses affect the interest of accounting students to follow PPAk
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
References
Depdiknas.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Dipenogoro: Semarang.
Hervan, Meliani. 2015. Pengaruh Motivasi Karir, Motivasi Kualitas dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Skripsi, Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional Banjarmasin.
Ikbal, Muhammad. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan PPAk (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang), Skripsi, ProgramSarjana Fakultas EkonomiUniversitas Diponegoro Semarang.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 179/U/2001 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntansi.
Kurniawan, Adhitya Reza. 2014. Pengaruh Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi, Dan Motivasi Gelar Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro). Skripsi, Program Sarjana Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Meitiyah, Annis. 2014. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Sarjana Akuntansi Untuk Mendaftar Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak)(Studi Kasus pada Mahasiswa AkuntansiUniversitas Hasanuddin Makasar), Skripsi, Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin Makasar.
Rossetyowati, Adita Fitri. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Dan Alumni Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Dan Alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember).Skripsi, Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Wakit, Abdul. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Studi Kasus: Mahasiswa S-1 Akuntansi di UBAYA dan STIE Perbanas Surabaya. Skripsi. Universitas Surabaya.
Widyastuti, Suryaningsum dan Juliana. 2004. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Simposium Nasional Akuntansi VII : Yogyakarta.